Pengertian
Organisasi adalah sekumpulan atau sekelompok orang dalam suatu wadah yang
memiliki tujuan dan cita-cita bersama.
Jelas
suatu organisasi harus dapat mengukur, menganalisa, menyelaraskan dan
memperbaiki data dan informasi kinerja pada seluruh tingkatan dan diseluruh
bagian organisasi dengan alat dan sumber daya nya.
Konsep
kinerja dapat didefinisikan sebagai sebuah pencapaian hasil yang memuaskan
sesuai dengan arah dan tujuan organisasi tersebut. Hal ini berarti bahwa,
kinerja suatu organisasi itu dapat dilihat dari tingkatan sejauh mana
organisasi dapat mencapai tujuan yang didasarkan pada tujuan yang sudah
ditetapkan sebelumnya.
Bagaimana kita menjawab atas pertanyaan-pertanyaan berikut:
Pengukuran Kinerja
- Bagaimana organisasi memilih,
mengumpulkan, menyelaraskan dan mengintegrasikan data dan
informasi untuk menelusuri operasi harian dan untuk menelusuri kinerja
organisasi menyeluruh, termasuk progres sasaran-sasaran strategis dan
rencana-rencana kerja. Apa saja ukuran-ukuran kinerja utama organisasi.
- Bagaimana menggunakan data dan
informasi ini mendukung pengambilan keputusan organisasi dan
inovasi.
- Bagaimana anda memilih dan
memastikan secara efektif data dan informasi pembanding utama untuk
mendukung operasional dan pengambilan keputusan strategis dan inovasi.
- Bagaimana organisasi
mengusahakan system pengukuran kinerja sesuai dengan kebutuhan dan arah
bisnis. Bagaimana untuk memastikan system pengukuran kinerja organisasi
sensitive terhadap perubahan organisasi maupun luar yang cepat dan tak
terduga.
Analisa dan Kajian Kinerja
- Bagaimana menganalisa kinerja
dan kemampuan organisasi? Bagaimana Para Pemimpin Senior berperan pada
kajian tersebut. Analisa apa yang dilakukan untuk mendukung kajian-kajian
kinerja ini dan untuk menjamin bahwa kesimpulan-kesimpulannya adalah
valid.
- Bagaimana menggunakan hasil
kajian ini untuk mengasses kesuksesan organisasi, kinerja kempetitif, dan
progres relatif terhadap sasaran-sasaran strategis dan rencana-rencana
kerja.
- Bagaimana menggunakan hasil
kajian ini untuk mengasses kemampuan organisasi anda merespon secara
cepat perubahan kebutuhan-kebutuhan organisasi dan tantangan-tantangan
yang ada pada lingkungan operasi.
- Bagaimana anda menterjemahkan
temuan kajian kinerja organisasi menjadi prioritas untuk perbaikan yang
luar biasa (breaktrough) dan terus menerus untuk peluang-peluang inovasi.
- Bagaimana peluang-peluang dan
prioritas-prioritas ini diterapkan kepada kelompok kerja dan tingkat
oerasional fungsi diseluruh organisasi untuk memampukan dukungan yang
efektif pada pengambilan keputusan mereka.
- Bila memungkinkan, bagaimana
prioritas-prioritas dan peluang-peluang itu diterapkan terhadap
pemasok-pemasok dan para mitra untuk memastikan keselarasan organisasi.
Pertanyaan
pengukuran kinkerja dan analisa kajian kinerja dapat mengukur, menganalisa,
menyelaraskan dan memperbaiki data dan informasi kinerja pada seluruh tingkatan
dan diseluruh bagian organisasi agar sebuah organisasi tersebut dapat berjalan
semaksimal mungkin.
0 komentar:
Post a Comment