Friday, June 14, 2013

Analisa Kinerja Organisasi


Pengertian Organisasi adalah sekumpulan atau sekelompok orang dalam suatu wadah yang memiliki tujuan dan cita-cita bersama. 

Jelas suatu organisasi harus dapat mengukur, menganalisa, menyelaraskan dan memperbaiki data dan informasi kinerja pada seluruh tingkatan dan diseluruh bagian organisasi dengan alat dan sumber daya nya.

Konsep kinerja dapat didefinisikan sebagai sebuah pencapaian hasil yang memuaskan sesuai dengan arah dan tujuan organisasi tersebut. Hal ini berarti bahwa, kinerja suatu organisasi itu dapat dilihat dari tingkatan sejauh mana organisasi dapat mencapai tujuan yang didasarkan pada tujuan yang sudah ditetapkan sebelumnya.  

Bagaimana kita menjawab atas pertanyaan-pertanyaan berikut:

Pengukuran Kinerja
  • Bagaimana organisasi memilih, mengumpulkan, menyelaraskan dan mengintegrasikan   data dan informasi untuk menelusuri operasi harian dan untuk menelusuri kinerja organisasi menyeluruh, termasuk progres sasaran-sasaran strategis dan rencana-rencana kerja. Apa saja ukuran-ukuran kinerja utama organisasi.
  • Bagaimana menggunakan data dan informasi ini mendukung pengambilan keputusan organisasi dan inovasi. 
  • Bagaimana anda memilih dan memastikan secara efektif data dan informasi pembanding utama untuk mendukung operasional dan pengambilan keputusan strategis dan inovasi.
  • Bagaimana organisasi mengusahakan system pengukuran kinerja sesuai dengan kebutuhan dan arah bisnis. Bagaimana untuk memastikan system pengukuran kinerja organisasi sensitive terhadap perubahan organisasi maupun luar yang cepat dan tak terduga.

Analisa dan Kajian Kinerja 
  • Bagaimana menganalisa kinerja dan kemampuan organisasi? Bagaimana Para Pemimpin Senior berperan pada kajian tersebut. Analisa apa yang dilakukan untuk mendukung kajian-kajian kinerja ini dan untuk menjamin bahwa kesimpulan-kesimpulannya adalah valid. 
  • Bagaimana menggunakan hasil kajian ini untuk mengasses kesuksesan organisasi, kinerja kempetitif, dan progres relatif terhadap sasaran-sasaran strategis dan rencana-rencana kerja.
  • Bagaimana menggunakan hasil kajian ini untuk mengasses kemampuan organisasi anda merespon secara  cepat perubahan kebutuhan-kebutuhan organisasi dan tantangan-tantangan yang ada pada lingkungan operasi.
  • Bagaimana anda menterjemahkan temuan kajian kinerja organisasi menjadi prioritas untuk perbaikan yang luar biasa (breaktrough) dan terus menerus untuk peluang-peluang inovasi.
  • Bagaimana peluang-peluang dan prioritas-prioritas ini diterapkan kepada kelompok kerja dan tingkat oerasional fungsi diseluruh organisasi untuk memampukan dukungan yang efektif pada pengambilan keputusan mereka.
  • Bila memungkinkan, bagaimana prioritas-prioritas dan peluang-peluang itu diterapkan terhadap pemasok-pemasok dan para mitra untuk memastikan keselarasan organisasi.

Pertanyaan pengukuran kinkerja dan analisa kajian kinerja dapat mengukur, menganalisa, menyelaraskan dan memperbaiki data dan informasi kinerja pada seluruh tingkatan dan diseluruh bagian organisasi agar sebuah organisasi tersebut dapat berjalan semaksimal mungkin.

Artikel Terkait



0 komentar: